MINGGU CERIA DI BUDAYALAND


Hari Minggu adalah hari santai yang biasanya saya isi dengan kegiatan santai. Pergi rekreasi ke pantai, atau mengunjungi kerabat, bermain ke Mall, atau menonton bioskop atau membuat artikel di blog. 

Kali ini berbeda dari biasanya  saya merencanakan  berekreasi sekaligus mencari konten untuk blog saya. Istilahnya me-review. Saya akan berangkat ke sebuah tempat yang memiliki wahana modern namun juga dilengkapi dengan agrowisata yang tidak tersedia ditempat lain. Untuk informasi teman-teman, ditaman ini juga menyediakan beberapa margasatwa yang dapat dikunjungi bahkan diizinkan berinteraksi dengan pengunjung di jam-jam tertentu. 

Sebelum saya lanjutkan, perlu diketahui taman rekreasi ini memiliki banyak wahana permainan yang bisa dimainkan, namun ada beberapanya yang harus menyesuaikan tinggi badan dan berat badan si pengunjung. Bagi anak-anak juga diperlukan pengawasan orang tua.

Nah, penasaran bukan? nama tempat wisata ini adalah Budayaland. Budayaland mungkin belum terdengar familiar ya?, bagaimana dengan Budaya Resto? pasti sudah pernah mendengarnya bukan? atau jangan-jangan teman-teman juga belum tahu apakah itu Budaya Resto. 

Huft, baiklah jika belum pernah mendengar kedua nama tempat tersebut disini saya jelaskan. Budaya Resto dan Budayaland adalah sebuah restoran dan taman rekreasi yg berada di sebuah lokasi yang sama. 

Nah, Budaya Resto dan Budayaland berada diarea yang sama, dengan luas area mencapai 15 Hektar, kalau Budaya Resto lebih fokus pada kuliner dengan citarasa nusantara, dan berada didepan setelah pintu masuk sedangkan Budayaland sendiri lebih fokus pada taman rekreasi yang menyediakan wahana permainan, agrowisata dan margasatwa yang ramah untuk anak-anak juga untuk orang dewasa. 

Nah, pada minggu tanggal 24 November kemarin saya mengajak seorang sahabat namanya bang Alfi, beliau juga seorang blogger. Saya meminta beliau untuk menemani saya sekaligus untuk menjadi fotografer dadakan saya plus lebih kuat mengendarai motor untuk perjalanan jauh dibandingkan kalau saya yang harus mengendarai motor sendirian.

Kita juga harus memilih hari yang tepat untuk pergi ke Budayaland. Apakah di hujung minggu atau dihari biasa karena harga tiket di hari biasa berbeda dengan harga tiket di hujung minggu. Pilihlah waktu dan hari sesuai dana dikantong.

Harga tiket akan saya cantumkan diakhir artikel lengkap dengan lokasi dan jam operasional Budayaland. 

Pagi itu, suasana mendung dan sempat terfikir jika hujan turun alamat berbasah ria saya ke Budayaland. Benar sekali saat Bang Alfi, sudah sampai di bundaran Citra Land berdekatan komplek rumah saya, hujan turun semakin deras bersyukurnya bang Alfi bisa meluncur cepat  mengikuti peta yang saya kirim dan tiba dirumah saya sebelum hujan deras turun. 

10 menit menunggu hujan reda, kami bergegas berangkat ke Budayaland mengendarai motor bang Alfi. Kami melaju melewati jejeran pertokoan di Jalan Letda Sujono dan daerah Mandala. Mengambil jalur lebih cepat dari daerah Medan Denai dan sampai dipersimpangan Amplas. 

Jam masih menunjukkan jam 8:30 pagi dengan rintik hujan membasahi diri kami terus bergerak melewati Kawasan Industri di daerah Tanjung Morawa. Semakin jauh, semakin cepat ritme rintik hujan yang jatuh. Kami bergerak tanpa melihat maps dan sepertinya lokasi Budayaland belum terlihat wujudnya, bahkan semakin jauh dan melewati perbatasan Lubuk Pakam. Kami berdua heran dan berhenti ditepi jalan untuk melihat maps. Ternyata kami berdua sudah bergerak terlalu jauh dari titik point lokasi Budayaland yang seharusnya. 

Jarak yang kami tempuh sangat jauh untuk kembali ke lokasi awal yaitu sejauh 15 Km dan tepat didepan Restoran Tahu Sumedang kami belok kiri. Sampai di Budayaland kami masuk  dan berhenti sejenak. Budaya Resto disisi kiri kami dan disisi kanan jejeran mobil berderet rapi. Kami bergerak pelan menuju area belakang tiba-tiba kami dihadang seorang security  dan meminta kami kembali ke arah pintu utama. Ternyata semua pengendara motor wajib memarkirkan kendaraannya pada tempat yang ditentukan.



Parkir untuk pengunjung bersepeda motor berada di depan. Belok kiri dari pintu masuk utama Budaya Resto. Kami diantar ke Budayaland menggunakan Buggy atau Golf Car 6 seats (bangku) yang disetir langsung oleh pak security yang menghadang kami tadi. Tidak ada biaya khusus untuk naik kendaraan ini dan bersifat gratis ya. 


Sampai didepan pintu masuk Budayaland, tersedia tempat penitipan barang. Khusus barang yang memberatkan boleh dititip dan nantinya petugas akan memberikan kartu yang berlogo Budayaland dan nomor barang. Kartu yang diberikan 2 lembar, 1 lembar untuk direkatkan pada barang sedangkan 1 lagi untuk kita simpan sementara.

Kita terlebih dahulu membeli tiket, lalu akan diberikan gelang dan tiket yang dimiliki di-scan barcode-nya diatas mesin khusus. Mesin akan membuka besi penutup dan kita bisa masuk ke area rekreasi Budayaland.



Pengunjung juga bisa berfoto dengan 2 icon dari Budayaland ini, yaitu Bubu dan Yaya. Bubu bulunya berwarna biru langit dan Yaya berbulu warna putih, sambil menunggu antrian kita juga bisa melihat ikan-ikan dalam aquarium besar yang diletak disudut waiting area Budaya Land. Berbagai jenis ikan yang lucu dan menggemaskan, ada 3 aquarium yang disediakan. Hampir semuanya ikan yang saya tidak tahu namanya. Sing penting ikan yo..!.



Area Budayaland cukup luas untuk dieksplor dan saya sengaja pergi awal pagi dan sampai disini banyak waktu yang bisa saya habiskan untuk mengelilingi  area Budayaland yang diklasifikasikan dalam 3 bagian area yaitu Centerland, Funland dan Green farm. 

Centerland adalah posisi yang terdapat wahana darat, sedangkan Funland adalah area untuk wahana air, seperti bebek air, kano dan sampan mini kalau Greenfarm adalah area yang berkaitan dengan pertanian, perkebunan dan peternakan. 


Centerland
Ada banyak sekali spot yang selfiable. Semua lokasi cantik dan indah untuk difoto. Meskipun masih mendung usai hujan tapi tetap saja indah dipandang dan asri.



Selain lokasi yang indah dan cantik ada hal yang menarik dari Budayaland yaitu "Permainan Nusantara". Budayaland ambil andil dalam melestarikan budaya kita. Becak Mini, Congklak, Engrang ada disini untuk dimainkan. Saya lupa untuk mendokumentasikan Engrang.



Selain permainan tradisional, ada satu wahana yang ramah pada anak-anak usia dibawah 5 tahun, yaitu Kereta Api. Kereta Api ini akan mengelilingi area Budayaland pada jam tertentu. 



Untuk Permainan lain juga ada yang lebih seru, yaitu memanah, bersepeda, mengendarai ATV, Obstacle  (sedang direnovasi perluasan lokasi), Flying Fox (renovasi penambahan tinggi start point), Paint Ball .



Asyik bukan? saya saja rasanya ingin mengulang waktu dan bermain lagi di Budayaland, Hehehe.

Hampir lupa disini juga ada wahana permainan Nine Boat. Batas maksimum berat yang boleh menggunakan wahana ini adalah 80 Kg, jadi untuk sesiapa yang memiliki badan berukuran lebih dari 80 Kg mohon untuk memilih permainan lain.



Selain itu ada kegiatan Panggung Kreatifitas dengan tema berbeda setiap minggunya, nah kali ini kegiatan membuat gunung merapi menggunakan bahan yang ada disekitar kita. Nantinya dari beberapa pengunjung diminta untuk ke panggung  dan mencoba membuat gunung merapi bersama. 




Greenfarm
Kegiatan di area greenfarm adalah kegiatan seputar pertanian, perkebunan dan peternakanan. Untuk hal ini saya ditemani salah dua pegawai yang membantu menjelaskan setiap hal yang saya tanyakan. Beliau adalah Mas Andy dan mbak Lia. Kebetulan saya mau mereview juga supaya tidak sala informasi saya.

Terlebih dahulu kita akan menceritakan tentang agrowisata yang ada di Budayaland. Ada area yang sengaja ditanami Bunga Matahari, sawah, bambu dan beberapa tumbuhan lain. Area ini  sengaja dibuat sebagai lahan praktek anak-anak belajar menanam sawah agar dapat merasakan pengalaman bak seorang petani. 

Selain jagung, mini sawah, dan tumbuhan lainya, disini juga ada pemeliharaan untuk tumbuhan Hydroponik sawi dan kangkung. Tumbuhan ini saat masih diproses dari bibit kecambah ditempatkan disebuah rumah khusus agar tidak dihinggapi hama. Tumbuhan Hydrophonik disini juga menjadi bahan ajar untuk sebagian anak-anak yang datang khusus untuk belajar  tumbuhan hydrophonik.  



Selain belajar tumbuhan, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan interaksi dengan hewan-hewan jinak disini. Memberi ikan Mas makan di kolam, juga pada jam tertentu atau untuk kegiatan tertentu kita bisa memegang langsung hewan-hewan jinak ini. Hewan disini ada Sapi Madura, sapi perah (frisian cow), sapi Madura, melihat kelinci, kura-kura, kuda poni (ponytail horse) dan Burung Macaw. Burung Macaw ini juga ada film animasinya lho, judulnya RIO. Teman-teman bisa melihatnya langsung di Budayaland. Karakter burung Macaw di film itu sama dengan karakter burung yang nyata yang berasal dari benua Amerika itu. Suaranya dan cara berjalannya sama 100%. Ada 2 ekor burung Macaw disini, Leo dan Rocky. Sebahagia itu guys karena bisa melihat burung Macaw real. Aku terharu.


Melihat foto dokumentasi saya pasti teman-teman jadi ingin mengunjungi Budayaland bukan? Ayo, ada penawaran khusus untuk Bulan November.

Funland
Nah, kalau di area ini kita akan bermain semua permainan air. Jika kita tidak ingin bermain wahana  kita juga boleh hanya sekedar berjalan-jalan dan swafoto di area ini. Semua tempat memiliki pemandangan yang indah dan bagus untuk diabadikan. 



Ada satu hal menarik yang dapat dilakukan, menaiki wahana angsa air atau disebut bebek bebek air. Jika kita menaiki angsa air kita juga boleh melintas dibawah jembatan ya. Seperti di Italy, di Venice. Asyik bukan?



Selain itu kita juga bisa menaiki kano atau sampan kecil. Bagi yang tidak pandai berenang tidak perlu khawatir karena kita akan diberikan rompi pelampung. Jadi jangan turuti rasa takut sehingga membatasi semua keinginanmu ya. 


FASILITAS UMUM

CAFFE CABIN
Budayaland menyediakan Cafe yang nyaman dengan menu western dan harga  cukup terjangkau. 



Selain Caffe juga ada penjual snack/minuman  yang berjejer diarea Centreland.




MEETING HALL OUTDOOR
Bagi perusahaan yang ingin mengadakan acara resmi atau acara  Family Gathering, Budayaland juga menyediakan tempat untuk kebutuhan ini. Pastinya Outdoor karena konsep Budayaland ini lebih menyatu pada alam dan natural. 



Jika sekolah atau perusahaan ingin mengadakan rekreasi camping disini juga disediakan area camping berdekatan danau atau menyesuaikan jumlah orang . Penawaran harga dan fasilitas bisa menghubungi marketing Budayaland.

MUSHOLLA 
Bagi pengunjung beragama muslim tidak perlu khawatir disini disediakan musholla bersih dan nyaman. Juga tersedia mukena yang amat harum. Mukena ini diganti rutin oleh petugasnya. Jadi sambil rekreasi ibadah kita  juga nyaman.



TOILET / KAMAR KECIL 
Letak toilet tidak jauh dari musholla. Bersih dan wangi. Desain interiornya juga modern. Saya paling suka sabun cuci tangannya. Aroma kayu dan daun bersatu membuat wangi nya itu unik. Sulit dideskripsikan secara tulisan. 



PREWEDDING/WEDDING SERVICE
Service untuk wedding/ prewedding juga disediakan disini. Khusus untuk prewedding bagi kalian calon pengantin cukup menyiapkan dana sebesar Rp. 1.000.000,- maka team yang boleh masuk maksimal 10 orang termasuk kedua calon pengantin. Biaya sebesar itu hanya untuk akses masuk Budayaland dan sudah termasuk biaya peminjaman wahana untuk atribut pendukung foto jika ingin bermain diwahana harus membeli VIP PASS lagi. 

Calon pengantin dan team juga mendapatkan free makan dan minum di Resto Budaya maksimal total bill menu yang dipilih sebesar Rp. 1.000.000,- untuk jumlah harga diluar nilai itu ditanggung oleh calon pengantin.

PROMO AKHIR TAHUN UNTUK TIKET & MAKAN/MINUM:
Cashback sebesar 20% untuk VIP PASS Rp. 100.000,-
Bagi pengunjung yang menunjukan bukti / screenshot telah mem-follow akun Instgram Budayaland. Promo berlaku dari 15 November-15 Desember.




ALAMAT BUDAYAlAND:
Budayaland & Budaya Resto 
Jl. Medan - Tanjung Morawa Km. 12,5 No 6
(061) 7944333
Instagram @Budayaland

JAM OPERASIONAL & HARGA TIKET :

Weekday / Hari biasa : 10.00 am - 6.00 pm
Weekend / Hari Libur : 10.00 am - 7.00 pm

Weekday / Hari biasa : HTM Rp. 30.000,- |VIP Rp. 50.000,-
Weekend / Hari Libur : HTM/ VIP Rp 100.000,-

Note : 
#Tiket VIP : bebas bermain sepuasnya semua wahana namun 
tidak dapat ditukar snack atau minuman.
#Tiket HTM : Hanya free akses masuk dan dapat ditukar 
makanan dan Minuman di outlet yang ditentukan.


Posting Komentar

14 Komentar

  1. Wah, sudah ada Budayaland, jadi nggak perlu jauh2 lagi buat wisata alam di kota Medan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali, cocok untuk rekreasi bersama keluarga atau pasangan..aseek

      Hapus
  2. Eseh mantap kali ah yang main paint ball nih, awak jadi penasaran kalau awak main apakah juga sekeren kak zikria ni hehehe, Budayaland ini wahananya lengkap kali ya kak awak jadi mupeng ke sana :)

    BalasHapus
  3. Mantaps liburannya ya..
    cucok banget ya zik kalo bawa anak main ke sini setelah selesai ujian nanti.. ♥

    BalasHapus
  4. Kapan ya ke sini,, mungkin nunggu kami full team dulu lah, Dika... Scr anak² yg pesantren bs nangis bombay kl kami² aja yg pergi ke sana, hihi.. Jd kl mau ngetrip atau liburan disesuaikan dl dg jadwal perpulangan yg mondok, hihi

    BalasHapus
  5. Akhir tahun sepertinya bakalan ramai banget

    BalasHapus
  6. Keren kali dik.. Sayang kalau mau kesini nunggu tahun depan hahaha

    BalasHapus
  7. Asyik liburannya ya kk, Jadi pengen ke budaya land juga. Tapi entah kapan bisa ke Medan.

    BalasHapus
  8. Wah asik,, fasilitas ga kalah sama tempat liburan luar negri

    BalasHapus
  9. Dari kemarin dengar cerita Budayaland dan jadi penasaran pengen datang kemari. Apalagi wahana yang disajikan itu membuat daya pikat bagi anak-anak. Di samping itu, ada pengetahuan berbagai tumbuhan pula.

    BalasHapus
  10. Terbatuk batuk aku, ternyata dipanggil disini.

    Jadi pengen kesana lagi aku, Dika. Ajak lah kalau kesana. Tempatnya asik banget. Atau kalau liburan ke lain tempAt, ajak aku ya

    BalasHapus
  11. Kayanya tempatnya cocok buat anak2 pas seperinnya buat rekomendasi akhir tahun..

    BalasHapus
  12. Enaknya ke sini bawa pasukan krucil ya...pasti seru.

    BalasHapus
  13. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog ini dan situs web adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang untuk mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN LOAN yang benar dan satu-satunya yang ALLAH kirimkan untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman yang asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang besar, untuk memberi mahkota semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mengucurkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana perusahaan individu dapat memberikan pinjaman ?, yang seharusnya menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya memberi tahu Anda semua kebenaran, SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak menjadi salah satu dari mereka yang selamat tinggal dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat kehidupan Anda, inilah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di fradesyriritia12@gmail.com EMAIL saya untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semuanya, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN SEMUA GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    BalasHapus