PERAYAAN ULANG TAHUN KE-30 MIE AYAM JAMUR H. MAHMUD S

Outlet terbesar Mie Ayam Jamur H. Mahmud S di jalan Abdulllah Lubis.
"Ting tung!" bunyi notifikasi grup whatsapp terdengar nyaring.

Saya melirik llayar handphone dan terlihat grup whatsapp bloggersumut mengirimkan beberapa pesan. Salah satunya pesan tentang Undangan Anniversary Mie Ayam Jamur H. Mahmud S. Kak Desy yang mengirimkan pesan meminta konfiirmasi siapa saja dari anggota yang bisa ikut dan yang dibutuhkan adalah 5 orang saja dengan syarat besedia menuliskan kegiatan pada hari tersebut di blog masing-masing usai acara selesai. Alhamdulillah setelah mendaftar dan diseleksi,  diriku adalah salah satu anggota bloggersumut yang diikut sertakan untuk meramaikan acara tersebut. Terhitung masih ada 6 hari lagi menuju hari H. Alhamdulillah sekali, pengalaman pertama yang asyik untuk menghabiskan masa liburan akhir tahun.

Oh, iya! teman-teman pasti sudah pernah mendengar Mie Ayam Jamur Pak Mahmud ini, mungkin dari saudara, kerabat atau dari beberapa media sosial khusus kuliner yang ada di Medan. Yups!, benar sekali kalau mie Ayam Jamur ini sudah merebak luas aromanya, eh namanya dikalangan pecinta kuliner mie ayam, bahkan mie ayam ini juga sudah membuka beberapa cabang di kota medan seperti di Carrefour Medan Fair Plaza, Carrefour Mall Citra garden, Amaliun Foodcourt, dan Thamrin Plaza, dan sudah menyebrang ke Pulau Jawa yaitu salah satunya berada di Bekasi. Alhamdulillah masyarakat Bekasi bisa merasakan mie ayam Jamur seperti yang orang medan rasakan, kita bersatu dari rasa dan selera. Sesuatukh yah! 😍😍😍😍

Sebelumnya kita cerita sejarah mie Ayam Mahmud dulu yaa..

Mengenai sejarah Mie Ayam Mahmud, saya kutip dari blog sahabat saya bocah udik.com, karena menurut saya lebih akurat dimana beliau adalah juara blog competition yang diadakan oleh Mie Ayam Mahmud dan kalian  bisa mengunjungi artikel beliau disini  Mencicipi Menu Baru Mie Ayam Mahmud

Mie Ayam mahmud ini Mie Ayam Mahmud sudah berdiri sejak tahun 1988. Jadi, pada desember mendatang akan berusia 30 tahun. Awalnya, pak Mahmud yang merupakan owner Mie Ayam Mahmud, berjualan keliling menggunakan gerobak. Dan pada tahun 2010 kemarin, pak Mahmud berhasil mengembangkan usahanya mulai gerobak menjadi restoran seperti ini.

Dari satu outlet, sekarang sudah menjadi lima. Selain di Jalan Abdullah Lubis, mie ayam Mahmud ada di Carrefour Medan Fair Plaza, Carrefour Mall Citra garden, Amaliun Foodcourt, dan Thamrin Plaza. Sebelumnya, Mie Ayam Mahmud juga pernah membuka outlet di Jalan Krakatau Medan. Namun sekarang sudah tidak beroperasi lagi.Saat ini, manajemen Mie Ayam Mahmud diatur oleh anak pertama pak Mahmud--Hendri. Tapi masih dipantau langsung oleh H Mahmud S. Di usianya yang ke 30 tahun, mie ayam Mahmud telah berhasil melebarkan sayapnya di ibukota, Jakarta. Akan ada bakmi Medan di JakartaMie Ayam Mahmud segera di Jabodetabek. Bahkan memiliki impian bisa go Internasional. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Bukan tak mungkin mie ayam melegenda didunia bersama mie Ayam Mahmud. Terbukti mie ayam Mahmud sudah 30Tahun melegenda. Sesuai visinya, tahun 2020 akan go nasional dan tahun 2045 go internasional. Sementara misinya, bakal jadi barometer wisata kuliner tahun 2020. Sedikitnya sekitar 100 outlet sudah tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2020 mendatang.


Begitulah harapan dan impian dari pak Mahmud, semoga menjadi kenyataan dan bisa membantu menyediakan lapangan pekerjaan bagi teman-teman yang membutuhkan pekerjaan.  Amiin Ya Rabbal Alamin. 

Kembali ke undangan yang telah saya konfirmasikan, akhirnya seminggu berlalu tepat pada tanggal 29 Desember 2018, hari Sabtu, Jam 4:30 pm saya dan Niza adik saya bergegas meuju lokasi. Kami berdua meyempatkan waktu membeli 4 potong risol segitiga ditepi jalan dengan tujuan untuk dimakan sambil menunggu teman-teman yang lain disana nanti.

Sore itu, perjalanan kami lancar sekali, bahkan jalan HM Yamin sampai menuju pancuran di jalan mengarah Plaza Medan Fair saja tidak ada kemacetan sama sekali. Amazing sekali hahahaha... 

Biasanya perjalanan memakan masa 1 jam, namun sore itu kami berdua tiba tepat sesuai waktu yang dijanjikan yaitu jam 05:00pm. Sejujurnya itu adalah pertama kali saya on time .. hahahahahahahaha. Saya selalu terlambat kalau perkumpulan atau apapun yang bersifat acara non formal. 😃😃😃

Setibanya dilokasi, sudah terpampang besar 2 buah papan bunga ucapan sukacita atas anniversary yang ke-30 tahun ini, disisi pintu masuk terdapat papan bunga dari gojek berukuran 2 meter x 1 meter dan disisi pintu keluar terpampang papan bunga dari KOMED.



Papan Bunga dari Go-Food dan KOMED Medan
Kami memarkirkan kereta dan langsung memasuki ruangan restoran. Saat itu penyanyinya adalah om-om berjas hitam dan berkaos merah sebagai inner jasnya, beliau menyanyi dan berjoget dengan goyangan yang asyik. 

Bapak Biduan sedang show
Mendengarkan nyanyian bapak tersebut membuat diriku haus dan lapar, saya dan Niza memesan 1 gelas teh manis dingin dan 1 gelas Terong belanda Float, dan dia juga  mencicipi 1 pack pancake durian yang tersaji dimeja. Pancakenya tidak saya foto karena saya sedang fokus memotret benda lain. hihi


Jus Terong Belanfa Float 




Candid yang tidak diduga tapi disengaja .. hahaha gitulah pokoknya 😂
Hampir 1 jam menunggu akhirnya kelibat bloger bocah udik.com dan bloger ceritajalan.com
terlihat sedang berdiri diparkiran, saya akhirnya bernafas lega karena sudah ada 4 orang dilokasi, Saya pun memperkenalkan Niza yang juga berminat dalam dunia tulis menulis. 
Kami mengobrol santai, tiba-tiba  datang menyusul kak Icha bloger dan kak astri  lalu manar, si gara dan si momentom hahaha. 

Selang beberapa menit, garra menghampiri kak Dessy menyerahkan selembar kertas berisikan rundown/ urutan acara pada sore hari itu sampai selesai sekaligus clue atau kisi-kisi untuk kuis yang akan diadakan malam itu dan juga memberikan sepotong kertas kecil berisikan rules atau peraturan untuk mengikuti lomba story Anniversary 30th Mie Ayam Mahmud dan hadiah yang ditawarkan juga sangat amat membuat kita semakin bersemangat yaitu VOUCHER MAKAN !! yeahhhhh 😃😃😃. Pencinta makanan gratis selalu antusias kalau point hadiah Voucer makan .. hahahah 

Rundown atau tata tertib acara pada sore itu

Rules atau tata cara untuk mengikuti lomba Feed atau Story

Sembari menunggu azan magrib, kami membuat postingan story di Instagram kami dan saling tag akun, berhubung handphone saya sedikit kabus macam hape VGA kamera depannya, jadi  saya hanya memposting 3 story saja bertema malam mingguan asyik di mie ayam mahmud.😌

Sesaat setelah kami duduk, tiba-tiba azan maghrib berkumandang, saya dan Niza bergegas menuju Masjid Al-Jihad didepan Mie Ayam Mahmud. Ternyata sangat strategis sekali lokasinya dekat dengan Masjid. Kebetulan sekali malam itu juga ada acara tausiyah menyambut akhir tahun dimasjid itu jadi suasana malam minggu disitu sangat ramai. Usai sholat saya dan Niza bergegas kembali ke Mie Ayam Mahmud disana teman-teman sudah siap dan sedang menunggu kami untuk berpoto bersama di photo boot yang disediakan.

Ada yang unik dari spot photo booth ini, spot ini disediakan didalam ruangan  khusus di sisi kanan ruangan restoran  jika kita menyusurinya dari pintu masuk restoran. Spot photo booth ini terdiri dari 1 gerobak jualan lengkap dengan panic,  1 botol saus dan 1 botol kecap, mangkuk mie ayam, tempat sendok dan garpu sedangkan untuk aksesoris tambahan terdapat balon-balon warna warni disisi kanan kiri gerobak .

Berfoto dengan konsep masing-masing 😆😆

Kalau penjualnya manis begitu yang beli pasti ruame.. 😊😊
Satu lagi yang unik adalah, spot poto booth disisi kiri gerobak mie yang mana dibuat seolah-olah tampilan meja dengan karakter jamur dan mangkuk mie ayam yang sedang menyantap mie ayam jamur dan ditengahnya disediakan ruang kosong untuk kita duduk berfoto.


Manis kali kakak itu yah, cocok jadi model brosur Mie Ayam Mahmud 2019 
Nah, dimomen anniversary ini Mie Ayam Mahmud memberikan apresiasi bagi semua pelanggan yang datang dan berpoto dispot ini. Hadiahnya juga lumayan guys!,  voucher makan sebesar Rp. 50.000,-, paten kali bah Mie Ayam Mahmud ini!.

Sepertinya photoboot ini didesain khusus dan diletakan dalam ruangan khusus agar  attribute dan segala perlengkapan photo boot tidak rusak atau hilang.  Beberapa pelanggan yng hadir  juga tidak ketinggalan  ikut berfoto ria di spot ini.


Rules untuk lomba photo di Phhotobooth competition
Setelah berfoto ria, kamipun kembali ke meja namun  terjadi hal kecil dimana salah satu blogger sempat kehilangan buku notes kecil miliknya yang sengaja ditinggalkan untuk menandai bahwa meja itu ada pemiliknya. Namun tanpa babibu saat kita pastikan ke kasir ternyata buku itu disimpan oleh mereka. Artinya mereka sangat peduli dengan barang kecil milik pelanggan sehingga kehilangan barang yang tertinggal mungkin minim sekali terjadi disini.

Beberapa saat setelah itu, pramusaji datang dan masing masing dari kami disuguhkan semangkuk  mie ayam jamur special dan segelas es jeruk. Mie Ayam Jamur Spesial ini dilengkapi dengan jamur pastinya, lalu pangsit dan sebuah bakso daging juga tauge dan sayur-sayuran hijau  Mie seperti sawi, daun prey dan daun sop. Mie yang dihidangkan juga  sangat lembut dan enak.  

Wajar sekali karena mie ayam ini bahan mentahnya dibuat sendiri, begitu juga baksonya. Bakso dagingnya lunak dan sangat terasa aroma dagingnya. Kuah kaldunya buset… berwarna bening dan harum. Biasanya mie ayam dilengkapi dengan semur ayam namun untuk mie ayam ini sendiri berbeda. Ayam semur tidak berwarna kuning kecoklatan seperti mie ayam biasanya, namun ayam nya ditambahkan potongan jamurnya dan dimasak dengan bumbu berbeda dan tidak berwarna namun untuk rasa tidak bisa diakatakeun. Enyaak plus banyak sejaku ayam-ayam ciliknya. Hahahah !!


Mie Ayam Jamur Spesial + pangsit dan Es Jeruk 

Jamur, pangsit, ayam , telur, tauge dan sayuran hijau ..slurrrp ! sedaapp!! 😋😋 

Kuah Kaldu pelengkap mie Ayam Mahmud melegenda ..😋😋😋
Untuk rasa pedas, restoran mie ayam mahmud memiliki perbedaan guys!, dimana cabai yang disediakan ada 2 macam yang pertama adalah cabai merah potong dalam air cuka dan yang kedua adalah cabe merah giling dengan tambahan bumbu rahasia. Kita tidak akan menemukan cabe giling hijau disini seperti warung mie ayam kebanyakan, saya sndiri menambahkan 2 jenis cabe yaitu cabe giling dan cabe potong karena ada perbedaan rasa yang mencolok saat saya tambah cabay potong tersebut. Semakin enak dan pedassss!!!.


Cabai merah potongnya sudah saya aduk-aduk, hehehehe

cabai merah khas Mie Ayam Mahmud. Tidak membuat sakit perut 😃
Bersaaman dengan waktu itu, sang MC sempat mengumumkan beberapa lomba yang bisa kami ikuti seperti lomba live instagram atau story dan lomba photo booth juga beserta hadiah-hadiahnya sehingga membuat saya menunda makan dulu, karena saya juga masih memotret beberapa momen penting dalam acara itu.

Meski hanya semangkuk, mie ayam ini cukup membuat kami kenyang, dan sesaat setelah azan isya berkumandang, pak MC dengan setelan rapi jas hitam dan kaos merah mulai berceloteh ria dan mengumkan bahwa acara selanjutnya adalah acara yang penyerahan hadiah dan juga penyerahan sertifikat untuk beberapa komunitas yang diundang seperti komunitas Forum Lingkar Pena, Komunitas Blogger Sumut, Komunitas Kampung Digital dan Komunitas Koki Medan.

Terlebih dahulu dilaksanakan penyerahan hadiah untuk lomba blog competition dengan juara 1 diraih oleh bg Alfie dari bocahudik.com dan beliau juga  merupakan salah satu anggota bloggersumut. Penyerahan hadiah diberikan oleh Ketua HRD, Ibu Nurhakiki S.sos. 


Hadiah diserahkan oleh Ketua HRD Mie Ayam Mahmud  
Oh, ya! berhubung saat itu jam menunjukkan jam 8 :00 pm salah satu blogger kak icha dan babynya pamit karena sudah dijemput suami beliau sehingga momen serah terima sertifikat dan hadiah  hanya bis disaksikan kami ber-7, kak astri, Kak Desy, Umar, Bg Alfie, Niza, Manar dan saya sendiri. Insyaallah nanti lebih rame lagi. hihi .. amiin ya rabbal alamin.. 

Hadiah untuk juara selnjutnya juara kedua dan ketiga yang tidak sempat saya catat namanya karena suara yang riuh membuat saya tidak mendengar dengan jelas nama mereka. Penyerahan hadiah dilanjutkan untuk kategori vlog lengkap dari juara 1 sampai juara 3.  Nama-nama pemenang tidak sempat saya tulis karena cepat sekali pakcik MC membacanya 😃😃.


Hadiah diserahkan oleh Manajer Mie Ayam Mahmud Bpk. Irwan Surya WS

Hadiah diserahkan oleh Staff Marketing Komunikasi mbak Venny Eriska 

Hadiah diserahkan oleh staff marketing Komunikasi Mas Prasetya Anggara

Juara 3 Photo Competition menerima hadiah yang diserahkan oleh
Bapak Manajer Mie Ayam Mahmud

Hadiah diserahkan oleh mbak Venny Eriska kepada
Juara 3 Vlog Competition

Pemenang Vlog Competition Juara 2


Mbak Venny Erisaka selaku Marketing Komunikasi Mie Ayam Mahmud
menyerahkan sertifikat kepada perwakilan komunitas Forum Lingkar Pena Medan

Mas Prasetya Anggara salah satu aggota blogger Sumut menyerahkan
Sertifikat Komunitas Partner kepada Perwakilan GOJEK MEDAN

Penyerahan Sertifikat Komunitas Partner kepada
Perwakilan dari Komunitas Koki Medan

Penyerahan Sertifikat Komunitas Partner kepada
Perwakilan dari Komunitas Kampung Digital Medan

Tidak semua momen sempat saya tangkap, tapi yang paling saya banggakan saat melihat komunitas saya yang baru ini bisa ikut berkontribusi dan itu sebuah aprisiasi sekali bagi saya dan teman-teman lainnya.

Penyerahan Sertifikat Komunitas Partner kepada
Perwakilan dari Komunitas Blogger Sumatera Utara 

Sertifikat Komunitas Partner Mie Ayam Mahmud dan Blogger Sumut
Alhamdulillah sekali, bisa mengikuti rangkain acara seru saat Anniversary ke-30 Mie Ayam Mahmud, mudah-mudahan yang ke 31 saya menjadi salah satu pemenang yang dipanggil maju kedepan. Bangga awak sikit ! . 😊😊

Beberapa lama setelah itu, jam menunjukkan jam 8:45 pm dimana saya dan Niza harus undur diri karena kami harus ke Medan Sunggal untuk mengambil barang. Sebelum kami pergi, kami kekasir terlebih dahulu untuk menyelesaian tagihan kami. Alhamdulillah akhir tahun ada penawaran menarik dari OVO yaitu cashback 50%, sehingga semua yang diminum tadi mendapat potongan hampir Rp. 20.000,-, rezeki anak sholehah memperluas silahturahmi. 😋😋

Terima Kasiih Mie Ayam Jamur H. Mahmud S, semoga terus berkembang dan menciptakan lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan. Amiin ya Rabbal Alamin.

Sampai jumpa lagi nanti di 29 Desember 2019.

Terima Kasih sudah membaca huruf demi Huruf yah guys!
Big Love ❤❤❤
Kamsahamnida , Sarang Haeyo 💓💓

Zikria Budiman | Women of Her Words

#Blog 16| | Cullinery | Alamat : Jalan Abdullah Lubis No 57/71 Medan | Jam Buka : 08.00 am - 22.30 pm |4.1.19|05:01 AM



Posting Komentar

33 Komentar

  1. Pengen deh nyoba mie ayam Mahmud Medan lagi. Rasanya enak banget ya... Btw selamat ya kak udah menang lomba story di instagram. Bangga deh sama kakak. Kereeeen banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yah.. maaci yah hhahaahha ..awal tahun diberikan semangat dan motivasi baru hihi yuk cus pigi maem kesana yuk ahhahaha

      .. itu semua berkat isi dalam story itu juga, 7 orang yang duduk bareng ama saya tu yang terbaik. tana 7 orang itu story itu gak ada hahahahaha ..

      wikk..wikk..wikk..wikk..wikk..wikk.wikkk (bacanya sambil yanyi) model ketawa jama now wakakkaka ganti wik wik hahaha

      Hapus
  2. Lengkap mantabbbb 👍👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh terharu dibaca huruf demi.huruf.. love love 😘😘😘😘😘😘

      Hapus
  3. Jus Terong Belandanya enaakk ,, hehe

    BalasHapus
  4. ulasannya lengkap banget.....bagus tulisannya...sukaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lebih suka yg baca 😘..dr awal sampai habis.. penyabar sekali kakak hahaha big love hihi

      Hapus
  5. Warbiasahhh ya pak mahmud, dari gerobak ke outlet malah makin laris.
    Saya tau bbrp kuliner yang berubah dari gerobak ke outlet malah jadi sepi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..keren x.. trus karyawannya memang diatur dengan organisasi yg baik jadi pada betah kayaknya disitu kerja. Kualitas rasa nya kak yg stabil..makanya stabil ampe 30taun..jadi pingin kenalan ama anaknya pak mahmud yg single hahaha

      Hapus
  6. Keren tulisannya. Jadi pingin mampir ke mi ayam mahmud

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih makasih kak cantik..silahkan copy paste jika ada momen yg lupa hihi.. yok lah kesana..awak tunjukan jalannya hahaha skalian awak bantu makan hahahaha

      Hapus
  7. Completed review, kereeen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aw.. maaci kak emmy cantik manjah.. kalo ada saran . zik trima senang hati..hahhaa ntah potonya kurang terang hahaha

      Hapus
  8. Keren tulisannya. lengkap banget. Foto fotonya suka banget, mau kasih nilai tapi nilai dalam hati aja yaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kasi nilai . kasi voucher aja dek hahahaha btw maakasi loh dibaca dr awal samoe habis.. panjang soalnya hanya penyabar yg mamou menyelsaikannya hahahaha

      Hapus
  9. Jadi nungguin ulang tahun MAM ke 31 abis baca ulasannya. Keren kak zik! 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya wajib ikot kita mah,, aamiin.. semoga yang diundang semua dapat hadiah haahahahhaha..btw thank you yaa udah baca ampe abes hahahahah

      Hapus
  10. mantap.. ulasannya panjang sekali 😁 good luck kk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakaka maaci roemah aura,, dan maaci udh baca ampe huruf terakhir hahahhaha panjang bingit soalnya hahah

      Hapus
  11. Gacil Syuka kali kak... Lengkap banget kayak buku panduan hehe... Tetap posting yang beginian ya.. Lengkap plus banyak foto ciamiknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih gacil cantik ,. kapan2 kita buat videonya yok hahahaa maaci sudah baca sampai huruf terakhir hahahaha

      Hapus
  12. Luar biasa lebih dari 500 kata,, runut sekali penjelasannya saya suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kaka.. semoga saya tetap semangat menulis panjang-panjang hahhaha terima kasih kaka sudah sampai huruf terakhir

      Hapus
  13. Huaaa. Aku bacanya jam segini. Jadi ngiler liat foto - fotonya. Wkwkwk. Semoga kalau ada kesempatan kemedan lagi, bisa berkunjung lagi ke mie ayam mahmud :D. Thankyou kak udah sharing 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti lah ke sini, sebetar kali liburannya,, huhuu wajib ke medan kasi tau awal ya,, jangan cepat2 liburannya hihi

      Hapus
  14. Balasan
    1. nati yg ke 31 lebih a meriah kayaknya hahaha maaci kaka sudah baca sampai huruf terakhir

      Hapus
  15. Balasan
    1. terima kasih dila sudah baca.. kita saling follow yaa

      Hapus
  16. Kewl mba...
    Tulisan ini udah mirip kayak mie Ayam jamur Mahmud yang lengkap sama baso, kerupuk pangsit,ayam ,jamur,sambel,cabe acar,sayuran,kuah kaldu dan mie nya yang super kenyal.

    Terkompliiitt 😍

    BalasHapus